11/18/2016

Filled Under: , , ,

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Q: Hello Mr. Doc! Bagaimana sih pertolongan pertama luka bakar yang tepat secara medis? Bolehkah pakai pasta gigi atau minyak??

A: Hello Guys! Berikut beberapa langkah pertolongan pertama pada luka bakar:  
- Ketika Anda terkena luka bakar, sesegera mungkin aliri bag tubuh yang terkena luka bakar dengan air dingin selama minimal 10 menit. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan akibat panas menjadi lebih parah
 - Jangan menggunakan es, air es, krim, pasta gigi, atau minyak pada luka   
- Segera lepaskan semua yang menempel pada luka, seperti pakaian, perhiasan dll untuk mencegah perlengketan  
- Tidak perlu diberikan balutan dengan kassa atau kain. Lebih baik dilakukan penutupan dengan plastik, namun tidak boleh menempel langsung dengan luka.  
- Untuk mengurangi nyeri, Anda dapat minum obat pengurang nyeri seperti Paracetamol atau Ibuprofen. Sesuaikan dosis sesuai aturan pakai. Hindari penggunaan Aspirin pada anak usia dibawah 16 tahun.  
- Pada umumnya, luka bakar ringan akan menyebabkan munculnya penumpukan cairan pada kulit (melepuh) yang disebut bula. Jangan memecah atau merobek bula yang terbentuk, untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi. Apabila luka semakin nyeri dan tampak semakin parah, segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat.  
- INGAT, luka bakar yang dalam, luas, melibatkan bagian wajah, tangan, persendian atau lipatan tubuh sebaiknya segera dibawa ke dokter atau UGD.

0 komentar: